Eksterior
Toyota memberikan effort lebih untuk membuat Toyota Yaris terbaru,
karena mobil ini diciptakan khusus untuk pasar Asia. Berbeda dengan
Honda Jazz generasi terbaru yang dibuat seragam di seluruh dunia
meskipun memiliki spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap negara.
Kedua mobil ini memiliki tampilan yang lebih agresif dibandingkan
dengan pendahulunya yang terlihat lebih manis, sayangnya tidak semua
orang akan menyukai tampilan yang terlalu agresif kedua mobil ini,
sehingga unsur selera individu sangat menentukan dalam menilai desain
eksterior mobil ini.
Mari kita mulai dengan Toyota Yaris TRD Sportivo, di varian TRD
Sportivo, mobil ini memiliki body kit tambahan dibandingkan dengan tipe
yang berada di bawahnya. Unsur-unsur modern diberikan lewat lampu utama
dengan projection headlamp dan LED DRL di bagian bumper depan mobil ini,
namun sayangnya LED DRL yang disematkan seperti lampu LED aftermarket
yang mudah ditempel sebagai aksesori tambahan.
Body kitnya yang landai membuatnya seperti menyapu jalan, bentuk
belakang yang di desain ciamik membuat kami merasa tampilan belakangnya
lebih cantik dibandingkan dengan model sebelumnya. Secara keseluruhan,
Toyota Yaris TRD Sportivo ini terlihat lebih original seperti layaknya
hatchback pada umumnya, tidak membulat-bulat seperti Yaris versi lawas,
Toyota mencoba kembali mengingatkan kita akan Toyota Starlet yang pernah
melegenda pada era 90-an di Indonesia.
Mari kita melihat bagaimana Honda meracik Honda Jazz RS. Honda
mencoba memberikan rona solid wing face pada wajah Honda Jazz terbaru,
sehingga dari depan mengingatkan kita akan Honda Civic Hatchback yang
identik dengan Civic Type R.
Honda mencoba memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan
Toyota Yaris pada wajah depan mobil ini, karena kita tidak hanya akan
menemukan LED DRL stripe yang terletak disamping foglamp, karena Honda
sudah membekali Honda Jazz terbaru dengan lampu utama LED lengkap dengan
auto leveling, canggih!
Namun melihat sisi belakang Honda Jazz, kami melihat ada sesuatu yang
janggal disini. Entah kenapa bentuk barunya membuat Honda Jazz tampak
sedikit cingkrang seperti Mitsubishi Mirage yang kurang landai pada
bagian belakangnya. Berbeda dengan Toyota Yaris yang justru terlihat
lebih porposional.
Baik Jazz dan Yaris terbaru sudah dilengkapi dengan ban dengan
ukurang 16 inchi yang tampil sporty, sedikit nilai tambah untuk Honda
Jazz RS karena sudah mengaplikasikan model velg two tone.
Dari sisi eksterior, kami merasa hal ini kembali ke selera
masing-masing. Baik Honda Jazz dan Yaris TRD Sportivo menurut
AutonetMagz keduanya berusaha untuk tampil se-agressif mungkin untuk
menampilkan kesan sporty dan dinamis. Namun jika menurut anda Honda Jazz
terbaru kurang greget dari sisi eksterior, Honda juga menyediakan paket
body kit Mugen dan Modulo yang membuatnya tampil lebih sporty.
Interior
Masuk ke dalam interior Yaris TRD Sportivo tidak ubahnya masuk ke
dalam interior Toyota Vios generasi terbaru. Desain interiornya tidak
jelek, namun sayangnya karena memiliki warna hitam kelam, interiornya
menjadi sama persis dengan Toyota Limo yang dijadikan armada Taxi.
Padahal bisa saja dibuat sama persis dengan Toyota Vios yang
mengaplikasikan two tone colour antara black and beige.
Di varian TRD Sportivo, kita akan mendapatkan unsur-unsur kemewahan
mulai dari setir dan shift knob berlapis kulit, AC digital dengan
climate control, piano black finish, audio dengan multimedia canggih dan
semi bucket seat dengan bahan yang nyaman disentuh. Uniknya mobil ini
memiliki plastik interior dengan rona jahitan seperti layaknya kulit
yang membuatnya terasa mewah.
Kelemahan dari Toyota Yaris terbaru ini ada pada desain dashboardnya
yang kurang praktis bila dibandingkan dengan Toyota Yaris generasi
terdahulu yang memiliki banyak kompartemen penyimpanan, dan pada door
trimnya kita akan menemukan door trim full plastik meskipun sudah
dibekali dengan motif seperti layaknya bahan fabric.
Masuk ke dalam interior Honda Jazz RS, kita akan menemukan desain
dashboard yang sangat driver oriented dibandingkan dengan Toyota Yaris.
Desain ini sebenarnya sama dengan varian Honda City yang lebih dulu
meluncur, namun kita tidak akan menemukan material soft touch seperti
layaknya Honda City, dan kita tidak akan menemukan desain interior
layaknya Taxi pada interior Honda Jazz RS.
Interior Honda Jazz terbaru lebih memiliki banyak gimmick
dibandingkan dengan Toyota Yaris TRD Sportivo. Duduk di bangku kemudi,
kita akan disuguhi desain speedometer futuristik dengan MID besar serta
paddle shift dibalik kemudinya. Tidak hanya itu, Honda Jazz juga
memiliki telescopic steering dan seatbelt height adjuster yang tidak
dimiliki oleh Yaris.
Posisi duduk di kursi Honda Jazz RS juga tidak ubahnya duduk di kursi
Honda Jazz model terdahulu, sangat nyaman dan sportif jika dibandingkan
dengan Toyota Yaris. Pada doortrimnya kita akan menemukan bahan fabric
yang memberikan kesan mewah dan kini Honda Jazz RS sudah dibekali dengan
keyless entry dan start/stop engine seperti layaknya Toyota Yaris tipe S
generasi sebelumnya.
Sayangnya desain interior Honda Jazz terbaru yang cantik tidak
didukung dengan penggunaan bahan material dan finishing yang rapi.
Plastik interiornya sama persis dengan Honda Mobilio, begitupula
finishingnya masih terasa kasar dan tidak presisi antara celah-celah
plastiknya, padahal Honda Jazz generasi sebelumnya cukup baik. Head unit
Honda Jazz juga belum memiliki fasilitas seperti Bluetooth dan internet
seperti Toyota Yaris.
Akomodasi
Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Toyota Yaris sudah
semakin baik dari segi akomodasi, legroom dan headroom penumpang baris
kedua jauh lebih lega, begitupula dengan bagasinya. Yang paling
menyenangkan ada pada kursi kedua Toyota Yaris TRD Sportivo yang kini
dibuat senyaman sedan.
Namun jika membandingkan akomodasi Toyota Yaris terbaru dengan Honda
Jazz terbaru tentunya Honda Jazz jauh lebih unggul baik dari akomodasi
penumpang baris kedua hingga bagasinya. Yang paling AutonetMagz sukai
dari Honda Jazz ini ada pada metode ultra seatnya yang cerdas dan mampu
melipat kursi dengan berbagai mode mulai dari melipatnya rata lantai,
melipat kursi keatas untuk membawa barang bawaan yang tinggi hingga
relax mode yang mampu membuat kursi depan terhubung dengan kursi
belakang seperti layaknya sebuah tempat tidur. Great!
Fitur
Baik dari Toyota Yaris TRD Sportivo dan Honda Jazz RS, masing-masing
sudah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti audio touch screen,
leather steering, steering switch control, keyless entry dengan
start/stop engine, projection headlamp, LED DRL, retractable mirror,
tilt steering, immobilizer, dual airbags dan pengereman ABS, EBD + BA.
Uniknya kedua mobil ini sepertinya ingin tampil berbeda dengan
memberikan kelengkapan yang tidak ada di kubu pesaingnya.
Di Toyota Yaris TRD Sportivo ada beberapa fitur yang tidak dilengkapi
di Honda Jazz RS, sebut saja seperti Head unit canggih dengan koneksi
bluetooth, GPS navigasi, internet, air gesture serta aplikasi My Toyota.
Fitur lainnya yang tidak terdapat pada Honda Jazz terbaru ada pada AC
digital dengan auto climate control dan leather shift knob.
Di Honda Jazz RS, mungkin kita akan menemukan head unit konvensional
bawaan after market yang sama dengan yang digunakan Honda Mobilio RS.
Kita tidak akan menemukan Bluetooth, GPS Navigasi serta koneksi internet
di head unit ini, begitupula dengan tombol-tombol AC yang dibuat
konvensional seperti model sebelumnya.
Namun Honda Jazz terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi seperti
headlight LED Projection dengan auto leveling, paddle shift, cruise
control, telescopic steerng dan kursi belakang ISOFIX. Fitur-fitur yang
ada di Honda Jazz RS ini juga tidak akan anda temukan pada Toyota Yaris
TRD Sportivo. Cukup imbang sepertinya!
Mesin
Sulit untuk menilai kedua mesin mobil ini, karena kami belum mencoba
performa kedua mobil ini secara langsung. Mungkin kita bisa berbicara
mulai dari Toyota Yaris TRD Sportivo yang sejak tahun 2002 memiliki
mesin yang sama dengan Toyota Vios tanpa ubahan signifikan. Mesin ini
tidak perlu diragukan lagi soal performanya yang kencang dan konsumsi
bahan bakarnya yang irit serta daya tahan yang terkenal sangat bandel
sejak tahun 2002. Mesin yang sudah melenggang 12 tahun di Indonesia ini
juga memiliki spare part yang sangat mudah di dapatkan.
Lain lagi jika kita menengok mesin Honda Jazz RS terbaru, mesinnya
masih menggunakan platform L15, hanya saja kode buntutnya kini berubah
dari L15A menjadi L15Z1. Tenaga dan torsinya tetap jika dibandingkan
dengan model sebelumnya, namun Honda melakukan penyempurnaan yang
membuat mesin ini lebih ringan, ramah lingkungan serta irit bahan bakar.
Honda mengatakan bahwa mesin generasi terbaru yang dilengkapi dengan
transmisi Earth Dream CVT lebih hemat % dibandingkan dengan mesin
generasi sebelumnya.
Well, sepertinya kami harus mencoba mobil ini secara langsung untuk
menentukan mana yang lebih baik secara performa dan bahan bakar. Namun
dari kualitas pengerjaan engine bay kedua mobil ini, sangat disayangkan
Honda menurunkan kualitas pengerjaan bodi dibalik kap mesin dari Honda
Jazz terbaru seperti Honda Mobilio dan Honda Brio.
Kenyamanan
Terlalu dini menilai kenyamanan berkendara dengan Honda Jazz karena
kami belum merasakannya secara langsung. Lalu bagaimana dengan Yaris?
Kami pernah mencoba Toyota Yaris TRD Sportivo di jarak pendek, kini
suspensi Toyota Yaris TRD Sportivo terasa lebih kaku dibandingkan dengan
model Yaris model sebelumnya, namun masih lebih empuk dibandingkan
dengan Honda Jazz generasi sebelumnya. Oh iya, Toyota Yaris TRD Sportivo
sudah dilengkapi dengan rem belakang cakram, sedangkan Honda Jazz RS
masih menggunakan rem tromol.
Kesimpulan
Sedikit sulit menyimpulkan keduanya karena kami belum melakukan
pengetesan mendalam terhadap kedua mobil ini. Namun dengan harga
banderol Toyota Yaris TRD Sportivo di angka 256 juta dan Honda Jazz RS
di angka 248 juta, menurut kami untuk sementara ini Honda Jazz lebih
value for money. Apalagi fitur-fitur yang ada di Honda Jazz RS lebih
sulit untuk dipasang manual di Toyota Yaris TRD Sportivo, sedangkan Head
Unit masih bisa kita upgrade agar tidak kalah canggih dengan Yaris.
Bagaimana? Sampaikan opini di kolom komentar dibawah ini.
Sumber : autonetmagz.com
Sumber : autonetmagz.com
0 komentar: